accestrade

Wednesday 27 September 2017

BAHAYA BAKTERI LISTERIA DI BUAH APEL IMPOR


cara pencegahan infeksi bakteri listeria monocytogenes
Bakteri Di Apel Impor Dari Amerika
Pada hari Senin 26 Januari 2015, pemerintah Indonesia melalui Direktur Jenderal Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan RI, Bp. Widodo, resmi melarang impor apel asal Amerika Serikat, khususnya apel jenis Granny Smith dan Gala yang dikemas di Bidart Bros, Bakersfield, California. Kedua jenis apel tersebut biasa dijual dengan merk/brand Granny's Best dan Big B
Kebijakan tersebut diambil setelah ada indikasi buah apel asal amerika tersebut terkontaminasi bakteri Listeria Monocytogenes. Bp. Widodo mengatakan, jika apel-apel tersebut sudah berada di gudang para importir, maka tidak diperkenankan untuk didistribusikan ke para pengecer dan jika
sudah berada pada level pengecer, juga dilarang untuk diperdagangkan (dijual). “Dan untuk para konsumen yang sudah terlanjur membeli, agar tidak mengkonsumsi,” tegas Bp. Widodo.
Di moment yang sama, Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran hasil Pertanian (P2HP), Kementerian Pertanian, Ibu Yusni Emilia, mengatakan bahwa kontaminasi untuk apel tersebut terjadi pada saat proses penanganan karena sanitasi yang kurang baik. “Kontaminasi terjadi akibat sanitasi yang kurang baik di packing house yang ada di California, dan bukan di perkebunan,” ujar Ibu Yusni.
Sebelumnya, Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM) RI sebagai anggota Emergency Contact Point International Food Safety Authorities Network (INFOSAN) dan National Contact Point Indonesia Rapid Alert System for Food and Feed (INRASFF), telah menerima INFOSAN ALERT pada 17 Januari 2015. Isinya "Recall of internationally distributed apples and commercially produced, prepackaged caramel apples from the USA due to contamination with Listeria monocytogenes." 
Diperkuat lagi dengan surat dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta kepada Kemendag pada 21 Januari 2015 yang tertanggal 19 Januari 2015. Bakteri ini mulai menyebat di AS sejak Oktober tahun lalu. Dalam dua bulan ada 32 orang jatuh sakit gara-gara memakan apel ini dan 7 orang meninggal di 11 negara bagian.
Selanjutnya Kemendag menindaklanjuti surat Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya Nomor SV.04.01.15.0302 pada 23 Januari 2015 perihal Foodborne Disease Outbreak terkait konsumsi apel di Amerika Serikat.
Pada hari yang sama Senin (26/1/2015) Reuters juga memberitakan release dari Food and Drug Administration (FDA) tentang konfirmas penarikan produk buah apel yang berasal dari Bidart Bros.
Disampaikan dalam konferensi pers tersebut bahwa Malaysia melalui Kementerian Pertanian dan Industri Asas Tani (Kementerian Pertanian) telah terlebih dahulu melarang peredaran buah apel tersebut dengan alasan yang sama.
Sebenarnya Apa Sih Bakteri Listeria Monocytogenes?
Bakteri yang ditemukan dalam apel jenis Granny Smith dan Gala saat ini diduga sama dengan bakteri Apel California yang tahun lalu merenggut 7 nyawa dan belasan lainnya sakit keras.
Bakteri listeria monocytogenes adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi listeriosis (infection listeriosis). Infeksi listeriosis berakibat serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. 
Orang sehat yang terinfeksi dapat menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut, dan diare. Bahkan, infeksi listeria dapat menyebabkan keguguran pada wanita hamil.
Bakteri listeriosis adalah bakteri yang sering ditemukan hidup dalam tanah, air, dan juga makanan mentah (sayur & buah), makanan olahan (daging mentah), serta susu yang tidak dipasteurisasi. Bakteri ini memakan materi tanaman mati. Bakteri listeria dapat hidup dan menyebar di temperatur dingin seperti dalam kulkas ataupun chiller dengan temperatur rendah 0 derajat celcius.
Apa Saja Gejala Infeksi Listeriosis?
Gejala kontaminasi bakteri listeria antara lain demam dan menggigil, sakit kepala, mual, nyeri perut, dan diare. Pada ibu hamil dan janin, infeksi bakteri ini bisa lebih berbahaya. 
Penderita infeksi listeriosis ini awalnya akan mengalami demam, pegal otot, dan keluhan pada lambung dan usus. Saat masuk ke perut, bakteri ini akan hidup di saluran cerna, lalu menembus dinding usus dan masuk ke peredaran darah. Dia juga menginfeksi sel tubuh. Bila tak tertangani dengan baik akan bisa menyebabkan kematian. 
Bagaimana Cara Pencegahan Infeksi Listeriosis Dari Buah Apel?
Untuk jenis apel yang disebutkan diatas yaitu Granny Smith dan Gala yang dikemas di Bidart Bros, Bakersfield, California untuk saat ini jangan dikonsumsi terlebih dahulu sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dari pihak berwenang.
Disampaikan oleh Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian (Kementan) Banun Harpini bahwa kebiasaan orang Indonesia yang kerap memakan apel dengan cara mengupas kulit terlebih dahulu ternyata ada positifnya, diantaranya bisa menekan risiko terinfeksi dari bakteri berbahaya yang menempel pada kulit apel. 
Bakteri Listeria monocytogenes termasuk bakteri yang kerap menempel di kulit apel. Jika suka mengkonsumsi buah apel dengan kulitnya, maka cucilah buah apel dengan air mengalir yang deras secara menyeluruh. Akan tetapi disarankan untuk tetap mengupas kulit terlebih dahulu.
Sebagai informasi tambahan, perusahaan yang memproduksi apel tersebut diatas telah mengakui dan menyatakan permohonan maaf atas kejadian tersebut. 
"Sebagai perusahaan keluarga yang beroperasi di California sejak 1930-an, kami selalu mengutamakan kesehatan di atas segalanya. Kami menyesal dan turut berduka atas konsumen yang terkena bakteri setelah memakan apel," kata Leonard Bidart, Presiden Direktur Bidart Bros, seperti yang ditulis Reuters, Senin (26/1/2015).
Sumber: setkab.go.id - reuters.com

0 komentar:

Post a Comment