accestrade

Wednesday 13 September 2017

Hutan Mangrove Karimunjawa

Hutan Mangrove Karimunjawa

Hutan mangrove karimunjawa merupakan hutan yang mempunyai ukuran luas mencapai 222,2 hektar dengan berbagai ragam jenis tumbuhan bakau. Untuk menuju hutan mangrove karimunjawa, hutan yang lebih tepatnya berada di desa kemujan tersebut bisa anda akses melalui jalan utama karimunjawa – kemujan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat yang kira-kira memerlukan waktu sekitar satu jam perjalanan apabila perjalanan anda mulai dari pusat kota karimunjawa (alun-alun karimunjawa). Setelah sampai dilokasi pintu gerbang hutan mangrove karimunjawa ini maka kalian akan menemukan gerbang seperti gambar yang ada dibawah ini.
mangrove forest karimunjava
Jika anda lihat gambar diatas maka anda bisa melihat kanan dan kiri hutan tersebut ada dua bangunan yang merupakan pos satpam (sebelah kanan) dan satunya lagi adalah wc yang bisa anda gunakan untuk buang air kecil (sebelah kiri) yang tentunya diperbolehkan untuk anda pergunakan setelah perjalanan karimunjawa – kemujan. Dan ada sebuah sepanduk berwarna orange dibalik papan nama Tracking Mangrove diatas jika kita dekati adalah sebuah informasi tarif tracking mangrove karimunjawa seperti dibawah ini.
tracking mangrove karimunjawa

Tiket Masuk Obyek Hutan Mangrove karimunjawa

Setelah anda melewati beberapa pemandangan diatas, dan ketika anda melanjutkan perjalanan sekitar 100 meter dari lokasi gerbang pintu utama diatas maka anda akan menemukan pertigaan pertemuan antara memulai tracking dan selesai tracking, silahkan pilih jalur arah kanan untuk memulai tracking hutan mangrove karimunjawa. Namun sebelum anda tracking silahkan membayar dahulu tiket masuk  hutan mangrove yang tentunya dana anda akan dipergunakan untuk perawatan dan pengembangan hutan mangrove karimunjawa supaya kondisi hutan dan satwa-satwa langka yang berada dikawasan mangrove tetap terjaga kelestariannya. Adapun tempat anda membayar tiket masuk hutan adalah sebuah rumah kayu yang bisa anda lihat dibawah ini.
pertigaan tiket hutan mangrove karimunjawa
Setelah anda menyelesaikan pembayaran tiket wisata hutan mangrove karimunjawa anda bisa melanjutkan perjalanan wisata anda kembali. Untuk burung-burung yang tentunya memiliki suara khas maka kami berencana akan mengupload release video yang kami ambil untuk kami taruh dikumpulan video youtube untuk kedepannya. Dan untuk sekarang mari kita lanjutkan dahulu dengan gambar-gambar sederhana dengan tujuan mengobati sedikit rasa penasaran seperti apa hutan mangrove karimunjawa ini.

Memulai Tracking Hutan Mangrove Karimunjawa

Setelah melalui beberapa langkah maka perjalanan kemudian adalah menyusuri hutan, anda akan tetap berpijak diatas jembatan kayu dari pertama masuk sampai selesai. Berikut adalah denah yang akan anda lalui saat anda melakukan aktifitas tracking hutan mangrove karimunjawa.
tracking hutan wisata karimunjawa
Sebelum anda memulai tracking hutan mangrove ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya anda bisa lebih merasakan liburan wisata karimunjawa anda, berikut adalah tips wisata hutan mangrove dari kami.
  • Seperti hutan pada umumnya banyak hewan termasuk serangga jenis nyamuk yang ada dihutan ini, pakailah lotion anti nyamuk sebelum anda memasuki kawasan wisata hutan.
  • Perjalanan tracking mangrove karimunjawa bisa dibilang lumayan lama karena anda akan berjalan sepanjang 2KM yang tentunya bisa membuat anda lelah, persiapkan perbekalan anda terutama air mineral yang tentunya anda akan membutuhkannya.
  • Hutan mangrove merupakan hutan lindung satwa langka, mohon diperhatikan dan jaga bersama jangan membuang sampah sembarangan.

Hutan mangrove merupakan sekumpulan tumbuhan yang kebanyakan berjenis tumbuhan bakau duduk rambat, bakau duduk rambat sendiri untuk saat ini merupakan jenis tumbuhan bakau langka. Adapun jenis bakau duduk rambat yang berada dihutan mangrove ini kebanyakan berjenis bakau avicennia marina yang memiliki bentuk unik karena sisi bawah daun bakau tersebut berasa asin saat dijilat. Silahkan kalau anda datang kemari kalau mau mencoba menjilatnya apabila anda tidak percaya (heheh). Perjalanan panjang sekitar 2km untuk menyusuri hutan bakau ini terbuat dari kayu dari saat anda masuk sampai selesai, seperti gambar dibawah inilah jembatan kayu yang akan anda lalui saat anda tracking.
jembatan kayu hutan mangrove karimunjawa
Disela-sela perjalanan kalian akan menemukan 4 (empat) tempat persinggahan saat anda lelah berjalan dan juga beberapa keterangan yang memberikan penjelasan singkat nama-nama tumbuhan dan jenis-jenis hewan yang berada dikawasan hutan bakau mangrove karimunjawa.
persinggahan hutan mangrove karimunjawa
persinggahan hutan mangrove karimunjawa

papan keterangan mangrove karimunjawa
papan keterangan mangrove karimunjawa

Menara Hutan Mangrove Karimunjawa

Kembali kepada peta diatas, anda akan menemukan beberapa keterangan yang ditandai dengan beberapa huruf, jika kalian mencari posisi menara hutan bakau mangrove karimunjawa maka kalian bisa lihat sebuah gambar yang ditandai dengan huruf G, menara mangrove ini lumayan tinggi, dari atas kalian bisa melihat bukit hutan nyamplungan dan disisi barat kalian bisa mendapatkan pemandangan laut yang menghampar luas, silahkan cek gambar dibawah ini supaya anda tidak penasaran.
menara hutan mangrove view atas
menara hutan mangrove view atas

menara hutan mangrove view bawah
menara hutan mangrove view bawah
Menara tersebut juga sangat bagus untuk menikmati sunset, silahkan berkunjung kesini jika anda pecinta sunset, namun perlu anda ketahui hutan mangrove karimunjawa ini tidak serta merta dibuka setiap jam lho, ada jam-jam tertentu yang perlu anda ketahui disini. jadi rencanakan waktu anda baik-baik saat anda hendak mengunjungi tracking mangrove karimunjawa. Berikut adalah hari dan jam buka hutan bakau yang sangat rindang ini.
jadwal buka tracking mangrove karimunjawa
jadwal buka tracking mangrove karimunjawa
Semoga saja sedikit review tentang hutan wisata mangrove karimunjawa diatas mampu mengobati rasa penasaran serta mampu memberikan sedikit informasi tambahan untuk anda yang merencanakan agenda wisata karimunjawa, Perlu anda ketahui bahwasannya hutan mangrove karimunjawa adalah termasuk salah satu destinasi obyek wisata yang bisa dibilang wajib dikunjungi oleh kebanyakan para traveler karimunjawa, jadi anda juga harus mengagendakan mengunjungi lokasi wisata hutan mangrove tersebut supaya agenda wisata karimunjawa anda menjadi lebih lengkap. Semoga artikel ini bisa menjadikan suatu hal yang berguna saat anda merencanakan liburan ke pulau karimunjawa, akhir kata dari kami selaku tim dan kru, salam wisata karimunjawa.

0 komentar:

Post a Comment