accestrade

Thursday 21 September 2017

Tips Menata Pencahayaan pada Rumah Tinggal

Tips Menata Pencahayaan pada Rumah Tinggal 01.jpg
Desain pada sebuah ruangan fungsinya adalah untuk menciptakan suasana yang berbeda-beda pada tiap ruangnya, contohnya suasana relaks pada kamar tidur, suasana sibuk di kantor, suasana nyaman pada ruang keluarga, pencahayaan juga mempunyai fungsi yang sama. Pencahayaan bukan sekedar hanya sebagai pemberi cahaya tapi juga sebagai mood control pada suatu ruangan. Jadi tentukan fungsi ruang dengan tepat, jangan sampai ruangan kerja terlalu gelap atau kamar tidur terlalu terang sehingga Anda tidak nyaman berada di kamar tidur Anda sendiri. Chandelier, lampu meja, dan lilin semuanya mempunyai efek tersendiri dan harus bisa menyesuaikan dengan furnitur di sekitarnya.

Tips Menata Pencahayaan pada Rumah Tinggal 03.jpg Tips Menata Pencahayaan pada Rumah Tinggal 04.jpg Tips Menata Pencahayaan pada Rumah Tinggal 04b.jpg
Contohnya, lampu meja untuk ruang kerja, lampu yang dibutuhkan adalah lampu yang terang dan bisa digunakan dengan maksimal untuk bekerja. Cahaya terang bisa didapatkan dengan menggunakan lampu cool white. Jika Anda mengingkan sentuhan sedikit cahaya kekuningan, pilih lampu warm white. Lampu jenis warm white tetap terang tapi mempunyai sedikit sentuhan warna kekuningan. Ruang kerja yang membutuhkan konsentrasi tinggi untuk bekerja sebaiknya menggunakan penerangan yang cukup terang sehingga ruangan bisa digunakan dengan maksimal.
Tips Menata Pencahayaan pada Rumah Tinggal 05.jpg Tips Menata Pencahayaan pada Rumah Tinggal 07.jpg Tips Menata Pencahayaan pada Rumah Tinggal 08.jpg
Ruang makan yang membutuhkan suasana nyaman untuk berkumpul dan bersantap bersama sebaiknya diberi sentuhan cahaya yang agak remang-remang untuk menciptakan suasana yang intim. Lampu yang paling tepat untuk digunakan adalah chandelier, cahaya yang dihasilkan oleh chandelier bisa memberi kesan hangat dan namun tetap terang pada ruang makan. Pilihan lainnya adalah pendant lamp, dengan bentuknya yang lebih modern dan simple bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan cahaya yang cukup terang dengan bentuk yang unik untuk ruang makan Anda.
Tips Menata Pencahayaan pada Rumah Tinggal 09.jpg
Tingkat terang cahaya juga bisa mempengaruhi suasana ruangan. Ruangan yang terang menciptakan efek yang aktif dan positif. Ruangan yang remang-remang cenderung menciptakan suasana yang romantis dan intim. Lampu utama pada ruangan akan menciptakan kesan keseluruhan ruangan. Sedangkan accent lighting dipakai untuk mendramatisir ruangan. Contohnya adalah lampu spotlight. Ketika ada satu benda yang disorot oleh lampu spotlight , maka benda itu otomatis akan selalu menarik perhatian orang. Contohnya, lampu untuk menyorot lukisan di ruang keluarga, lampu untuk menyorot tanaman besar di ruang tamu, dan sebagainya.
Dimmer berperan penting untuk menciptakan tingkat terang cahaya dalam satu ruangan. Dengan satu putaran, ruangan bisa terlihat terang untuk suasana yang aktif atau redup untuk menciptakan suasana yang romantis. Pertimbangkan penggunaan dimmer pada ruangan di rumah tinggal anda untuk menciptakan suasana yang berbeda pada tiap kesempatan.

0 komentar:

Post a Comment