Sempat tertinggal dari Kawasaki dan Suzuki yang lebih dulu merilis motor sport di kelas premium, Honda menghadirkan Honda CBR1000RR SP sebagai jawaban atas ‘tantangan’ kedua kompetitornya tersebut. Sebagai unit MOTOR SPORT premium, Honda pun membekali Honda CBR1000RR SP kali ini dengan spesifikasi mesin kelas wahid serta dilengkapi dengan fitur-fitur mutakhir. Pada sektor dapur pacunya, Honda mengandalkan mesin DOHC 4-tak 16 katup yang memiliki kubikasi 999,8 cc. Mesin tersebut dilengkapi dengan pendingin cair serta manggunakan teknologi PGM-DSFI sebagai injektor bahan bakarnya. Selain itu, Honda CBR1000RR SP juga dibekali dengan suspensi OHLINS yang akan memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Honda pun meracik CBR1000RR SP dengan basis rangka Honda RC213V yang turun di ajang balap MotoGP. Tak hanya sampai disitu saja, Honda masih punya segudang teknologi canggih yang pastinya akan membuat Brosis terpana. Nah, buat Brosis yang sudah penasaran dengan detail spesifikasi dan harga Honda CBR1000RR SP ini, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini.
Bagan Review
Review Honda CBR1000RR SP
Desain
Desain Bodi Sporty Khas Big Bike Racikan HondaSpesifikasi Honda CBR1000RR SP di bagian desain tak perlu diragukan lagi. Honda meracik moge barunya ini dengan sistem aerodinamis sempurna dan tetap memperhatikan sisi ergonominya. Meski Honda CBR1000RR SP merupakan motor sport yang punya karakter kencang, namun unit moge baru Honda ini merupakan versi jalan raya yang tetap nyaman dan aman dikendarai. Nampak depan, Honda CBR1000RR SP terlihat gagah dengan desain Dual Keen Eyes pada headlight-nya. Lampu utama pada motor ini juga menggunakan proyektor LED yang akan memberikan penerangan sempurna di malam hari. Selain itu, Honda juga menempatkan lampu sein pada kedua kaca spion Honda CBR1000RR SP yang akan membuatnya nampak stylish. Bergerak ke bagian samping, desain fairing yang menutup tubuh CBR1000RR SP pun juga dirancang dengan bentuk yang menyesuaikan dengan lekuk bodinya. ‘Tongkrongan’ Honda CBR1000RR SP juga semakin sporty berkat penggunaan setang model jepit berjenis Under Yorke. Kesan sporty juga nampak pada spesifikasi Honda CBR1000RR SP di bagian buritan dengan model tail dan lampu belakang runcing dan minimalis.
Speedometer
Panel Dashboard Canggih Lengkap dengan Fitur ModernBerpindah pada spesifikasi Honda CBR1000RR SP di bagian panel indikatornya, kita akan menjumpai panel dashboard dengan aura motor balap. Honda menyematkan panel dashboard yang modern dan futuristik pada Honda CBR1000RR SP ini. Pada panel utama, ada layar LCD yang ditempati oleh panel penunjuk posisi gir, speedometer, serta panel clock and lap time. Desain panel utama pada dashboard Honda CBR1000RR SP ini memang diracik dengan sentuhan panel dashboard MotoGP. Kemudian pada sisi lain dashboard ada panel penunjuk jarak tempuh kendaraan, indikator bahan bakar serta indikator lampu utama dan lampu sein. Selai itu ada pula panel yang bisa digunakan untuk mengubah settingan motor mengingat Honda CBR1000RR SP ini memiliki lima level pilihan performa. Spesifikasi Honda CBR1000RR SP di bagian dashboard juga dilengkapi dengan panel numerical tachometer dan juga odometer yang akan memudahkan penggunanya untuk mengetahui kodisi kendaraan.
Dimensi
Dimensi Adaptasi dari Honda RC213VSelanjutnya kita akan membahas spesifikasi Honda CBR1000RR SP pada bagian dimensinya. Sebagai unit big bike premium, motor baru racikan Honda ini memang bisa dibilang memiliki ukuran tubuh yang cukup besar. Bodi Honda CBR1000RR SP memiliki ukuran 2.080 x 720 x 1.141 mm dengan bobot kosong mencapai 199 kg. Adapun CBR1000RR SP versi ABS memiliki bobot lebih berat, yaitu 210 kg. Pada unit Honda CBR1000RR SP kali ini, Honda mengadaptasi rangka Diamond Frame Design dari Honda RC213V yang turun di ajang balap MotoGP. Rangka tersebut dibangun dengan bahan aluminium composite twin-spar yang ringan namun kuat. Honda CBR1000RR SP memiliki jarak sumbu roda sepanjang 1.410 mm serta ground clearance mencapai 130 mm. Dimensi ini akan membuat CBR1000RR SP memiliki handling mantap dan mudah dikendalikan meski bertubuh lumayan bongsor. Selain itu, spesifikasi Honda CBR1000RR SP pada bagian desain ini juga dilengkapi dengan model tangki berdesain futuristik yang mampu menampung sebanyak 17,5 L bahan bakar.
Suspensi
Kaki-kaki Kokoh dengan Suspensi OHLINSKini saatnya membedah spesifikasi Honda CBR1000RR SP di bagian kaki-kakinya. Sekilas, kaki-kaki pada CBR1000RR SP ini memang terlihat lebih kokoh daripada versi lamanya. Hal ini karena Honda menggunakan suspensi model baru pada Honda CBR1000RR SP ini. Pada suspensi depan, Honda menyematkan sistem suspensi teleskopik OHLINS tipe NIX30 yang dilengkapi dengan inverted fork bertabung 43 mm. Sementara itu untuk suspensi belakang, Honda CBR1000RR SP dibekali dengan suspensi Pro-Link OHLINS tipe TTX36. Sedangkan untuk bagian roda, Honda membalut velg depan Honda CBR1000RR SP dengan ban 120/70 -ZE17M/C. Ukuran ban depan yang cukup besar tersebut diimbangi oleh ban belakang berukuran 190/50 yang juga membalut velg berukuran 17 inci. Untuk sektor pengereman, Honda CBR1000RR SP dibekali dengan sistem pengereman hidrolik dengan disc berukuran 320 x 4,5 mm yang dipadukan dengan piston Brembo Monobloc berjumlah 4 buah. Spesifikasi Honda CBR1000RR SP di bagian kaki-kaki juga disempurnakan dengan rem single piston hidrolik 220 x 5 mm pada bagian belakangnya.
Mesin
Mesin DOHC 16 Katup Hasilkan Performa GaharBeralih ke bagian dalam, kita akan mengorek spesifikasi Honda CBR1000RR SP di bagian dapur pacunya. Seperti Mas Sena sempat singgung di awal tadi, CBR1000RR SP ini merupakan generasi penerus dari motor sport legendaris Honda CBR1000RR yang telah terbukti kegarangannya. Pada bagian mesin Honda CBR1000RR SP, Honda masih mengandalkan mesin 4-stroke DOHC in line 16 katup. Mesin ini memiliki kubikasi 999,8 cc dengan sistem pendingin cairan. Mesin pada Honda CBR1000RR SP ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 133 kW pada putaran mesin 12.250 rpm serta bisa menghasilkan torsi maksimum mencapai 114 Nm pada 10.500 rpm. Honda juga membekali mesin Honda CBR1000RR SP ini dengan teknologi PGM-DSFI Electronic Fuel Injection yang akan membuat pembakaran di dalamnya menjadi lebih sempurna. Meski basis mesin CBR1000RR SP masih sama dengan versi lamanya, namun generasi baru CBR1000RR ini memiliki teknologi yang lebih baik daripada generasi lamanya. Selain itu, spesifikasi Honda CBR1000RR SP pada bagian mesin juga memiliki rasio kompresi sebesar 12:03:01.
Fitur
Fitur Keamanan Adopsi Teknologi SuperbikeSelain desain sporty ala motor balap serta komposisi mesin super gahar, ternyata Honda juga membekali spesifikasi Honda CBR1000RR SP dengan fitur-fitur modern guna menunjang keamanan dan kenyamanan pengendaranya. Honda membekali moge terbarunya ini dengan fitur Honda Electronic Steering Damper yang akan mengencang seiring naiknya kecepatan. Selain itu, Honda CBR1000RR SP juga dilengkapi dengan fitur eC-ABS. Fitur ini merupakan kombinasi teknologi ABS (Anti-Locking Brake System) yang dikontrol secara elektronik. Teknologi ini akan memberikan keamanan pada penunggang Honda CBR1000RR SP saat mengerem secara mendadak. Kemudian, spesifikasi Honda CBR1000RR SP di sektor fitur pelengkap juga dibekali dengan Honda Ignition Security System (HISS) atau fitur immobilizer modern yang akan mematikan mesin jika motor ini dinyalakan secara paksa menggunakan kunci duplikat.
Spesifikasi Honda CBR1000RR SP |
|
Mesin | |
Tipe | DOHC 4-stroke 16-valve in line-4 |
Kubikasi | 999,8 cc |
Rasio Kompresi | 12:03:01 |
Tenaga Maksimum | 133 kW/12.250 rpm |
Torsi Maksimum | 114 Nm/10.500 rpm |
Kapasitas Oli | 3.7 L |
Sistem Pendingin | Liquid Cooled |
Sistem Bahan Bakar | PGM-DSFI Electronic Fuel Injection |
Kapasitas Tangki BBM | 17,5 L |
Kelistrikan | |
Kapasitas Baterai | 12V/6AH |
Lampu Depan | Headlight 12V, 55W x 1 (low)/55W x 2 (high) |
Lampu Depan | LED |
Fitur | Security Honda Ignition Security System (HISS) |
Rangka | |
Tipe | Diamond Frame Design : Alumunium composite twin-spar |
Dimensi (P x L x T) | 2.080 x 720 x 1.141 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1410 mm |
Jarak dengan Tanah | 130 mm |
Tinggi Jok | 820 mm |
Berat | 199 kg (ABS: 210 kg) |
Suspensi | |
Suspensi Depan | Telescopic inverted fork with an inner tube 43 mm |
NIX30 (OHLINS) with preload, compression and rebound adjustment 120mm stroke |
|
Suspensi Belakang | Unit Pro-Link with gas-charged TTX36 (OHLINS) damper |
8 mm preload and 22 click compressionand 22 click damping adjustment 60 mm stroke |
|
Kaki-kaki | |
Ban Depan | 12-spoke cast aluminium 120/70 -ZR17M/C (W) |
Ban Belakang | 12-spoke cast aluminium 190/50 -ZR17M/C (W) |
Pengereman | |
Rem Depan | Hydraulic disc 320 x 4.5 mm with 4-piston |
Brembo Monobloc calipers and sintered metal pads | |
Rem Belakang | Hydraulic disc 220 x 5 mm with single piston caliper and sintered metal pads |
ABS System (Optional) | Electronic Combined ABS |
Instrumen Elektrik | |
Fitur Panel Dashboard | Instruments Gear position, coolant temperature, speedometer, clock/lap time, trip/fuel efficiency/ fuel consumption and odometer/numerical tachometer |
Harga Honda CBR1000RR SP
Nah, itulah tadi ulasan lengkap Mas Sena mengenai spesifikasi jagoan baru Honda di kelas 1000 cc ini. Bagaimana? Mantap, kan? Sekarang kita akan membahas mengenai harga Honda CBR1000RR SP yang merupakan varian tertinggi dari enam unit moge baru Honda. Seperti sudah diberitakan sebelumnya, kehadiran Honda CBR1000RR SP ini memang sudah dinanti oleh banyak pihak. Dengan mengusung mesin DOHC 999,8 cc yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 133 kW pada 12.250 rpm, CBR1000RR SP merupakan salah satu motor versi jalan raya yang paling kencang saat ini. Hal ini pula lah yang akan mempengaruhi kisaran harga Honda CBR1000RR SP di pasar otomotif Indonesia. Berbekal mesin super kencang dan fitur-fitur ala MotoGP, bisa dipastikan bahwa harga Honda CBR1000RR SP akan sangat mahal.Sesuai dengan rilis resmi Honda, harga Honda CBR1000RR SP ini adalah Rp 575 juta OTR Jakarta. Wow! Luar biasa mahal! Selain mengusung mesin dan fitur ala MotoGP, faktor lain yang membuat harga Honda CBR1000RR SP ini begitu mahal adalah motor ini merupakan jenis motor CBU (Completely Built Up) alias asli rakitan Jepang. Harga mahal yang disematkan pada Honda CBR1000RR SP memang disesuaikan dengan spesifikasi mesin dan juga teknologi yang ada padanya. Bagaimanapun juga, CBR1000RR SP ini merupakan penerus dari Sang Legenda CBR1000RR yang sering digunakan pada ajang balap internasional. Karena memang luar bisa ‘gahar’, kisaran harga Honda CBR1000RR SP ini pun juga jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan para pesaingnya, seperti Kawasaki Ninja ZX-10R yang dibanderol dengan harga Rp 350 jutaan.
Harga Honda CBR1000RR SP
|
Rp. 575.000.000,-
|
0 komentar:
Post a Comment