accestrade

Saturday 12 August 2017

Taman Pintar Jogja – Alamat, Harga Tiket dan Jam Buka

harga tiket masuk taman pintar jogja
Source: Foursquare. [klik foto untuk memperbesar]
Deskripsi Taman Pintar Jogja
Taman Pintar Yogyakarta merupakan salah satu wahana bermain sekaligus belajar untuk anak-anak yang disediakan oleh pemerintah kota Yogyakarta untuk menyediakan sarana pembelajaran sains bagi siswa yang mendukung kurikulum pendidikan serta memotivasi anak dan generasi muda untuk mencintai sains. Wahana bermain yang berada di sebelah timur jalan Malioboro ini menyediakan berbagai wahana permainan yang  tidak hanya mendidik, namun akan membuat buah hati Anda merasa senang. Taman pintar ini bisa dinikmati oleh anak-anak yang belum sekolah hingga anak-anak usia sekolah menengah untuk memperluas dan mempendalam pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung karena bisa dibilang secara sederhana, Taman Pintar Jogja adalah laboratorium dalam kemasan rekreasi.
Bangunan taman pintar dulunya merupakan bekas pusat perbelanjaan (shopping center) dan mulai dilakukan Relokasi area pada tahun 2004 dengan beberapa tahap pembangunan. Setelah semua tahap selesai, peresmian (Grand Opening) digelar pada 16 Desember 2008 oleh presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono. Target utama pembangunan Taman Pintar menurut pemerintah adalah mendukung program pembelajaran regular di sekolah sejak dini dengan mengasah kreativitas anak didik sedini mungkin dengan harapan akan semakin banyak inovator teknologi yang muncul dari Indonesia. karena lokasinya yang sangat stategis yaitu letaknya di Taman Budaya, Benteng Vredeburg dan Gedung Agung menjadikan bangunan taman pintar ini berfungsi sebagaimana mestinya dan berkaitan dengan bangunan bangunan yang ada disekitarnya. Selain itu juga terdapat ruko-ruko buku dibelakang bangunan taman pintar ini yang pastinya menyediakan berbagai macam buku dari kategori fiksi atau non fiksi.

Letak atau Alamat Taman Pintar Jogja
Taman Pintar Jogja terletak di depan Bank Indonesia atau berada kurang lebih 200 meter di sebelah timur perempatan jalan Malioboro. Alamat lengkapnya adalah Jalan Panembahan Senopati No. 1 -3 Yogyakarta. Telp (0274) 583631, 583713 Fax. (0274) 583664.

Harga Tiket dan Jam Buka Taman Pintar Jogja
  • Harga tiket masuk ke area Taman Pintar Jogja (non rombongan) untuk anak-anak adalah Rp.10.000,- dan dewasa Rp.18.000,-. Harga tersebut belum termasuk tiket untuk menikmati wahana permainan yang ada di dalamnya.
  • Taman Pintar dibuka dari mulai hari Selasa – Minggu. Khusus hari senin libur kecuali jika bertepatan dengan libur nasional. Buka mulai jam 09.00 wib dan Tutup jam 16.00 wib.
Berikut daftar harga tiket untuk wahana tertentu:
  1. Wahana Teather 3D.
    • Umum: Rp. 20.000,-
    • Pelajar: Rp. 15.000,-
    • Rombongan: Rp. 15.000,- (minimal 20 orang).
  2. Program Kreativitas.
    • Kreasi Batik: Rp.5000,- (Dewasa dan anak-anak).
    • Kreasi Gerabah: Rp.5000,- (Dewasa dan anak-anak).
    • Lukis Kaos: Rp.30.000,- (Anak-anak) dan Rp.40.000,- (Dewasa)
    • Lukis Gerabah: Rp.10.000,- (Dewasa dan anak-anak).
    • Hand on Science: Rp.5000,- (Dewasa dan anak-anak).
    • Latihan menjadi Presenter TV: Rp.10.000,- (Dewasa dan anak-anak).
  3. Gedung Paud.
    Khusus untuk anak-anak usia 2 – 7 tahun saja dan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp.3.000,-/anak.
  4. Planetarium.
    Wahana Planetarium dibuka untuk semua usia dengan harga tiket Rp.15.000,-/orang.
  5. Wahana Bahari.
    Harga tiket untuk masuk ke wahana Bahari adalah sebesar Rp.15.000,-/orang.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan
Taman Pintar Yogyakarta dibagi menjadi 3 gedung utama dengan wahana beragam jenis wahananya masing-masing:
A. Wahana di Gedung Kotak
Di dalam Gedung Kotak ini terdapat 10 zona yaitu: zona replika candi Borobudur, zona koleksi keris, zona koleksi tokoh wayang, zona batik, zona air untuk kehidupan, zona pengolahan minyak gas dan bumi, zona planning city, zona teknologi otomotif, zona peraga turbulensi dan zona pengolahan susu.
B. Wahana di Gedung Oval
Terdapat 12 wahana yang bisa dinikmati di Gedung Oval, yaitu: zona cuaca iklim & gempa, zona argo, zona kehidupan purba, generator pedal, TV trainer, zona teknologi komunikasi, Generator Van De Graaf, zona nuklir, ICT melihat bumi, pojok kreasi sains, Terowongan ilusi, Aquarium Air Tawar.
C. Wahana di Gedung Memorabilia
Seperti namanya, Gedung Memorabilia berisi tiga wahana yang kesemuanya bertujuan untuk mengenang sejarah, yaitu: Sejarah Kasultanan Kraton, Tokoh Pendidikan dan Kepustakaan Kepresidenan.

Demikianlah informasi seputar Taman Pintar Yogyakarta. Semoga kunjungan Anda ke sana bersama buah hati tercinta semakin membuat anak-anak Anda mencintai Sains dan menjadi generasi muda yang pintar. Amin. Jika Anda menyukai informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga dapat menjadi rujukan bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment