accestrade

Saturday 12 August 2017

CANDI PLAOSAN

Candi Plaosan sebenarnya merupakan kompleks candi . Candi Budha dibagi menjadi dua bagian , Plaosan Lor ( lor : utara ) dan Plaosan Kidul ( kidul : selatan ) . Hal ini diperkirakan dibangun pada awal abad ke-9 selama pemerintahan Rakai Pikatan .

Argumen ini didukung oleh Sri Kahulunan prasasti tertanggal 842 AD yang menyatakan bahwa Plaosan Lor dibangun oleh Ratu Sri Kahulunan dengan dukungan dari suaminya . Diperkirakan bahwa Ratu Sri Kahulunan adalah Pramodhawardhani , putri Raja Samaratungga dari dinasti Syailendra . Dia menikah dengan Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya . Pramodhawardhani adalah Buddha sedangkan Rakai Pikatan adalah Hindu . Candi ini dikenal sebagai simbol cinta mereka .

Lokasi Candi Plaosan
Candi Plaosan terletak di Dusun Bugisan , Desa Prambanan , Kecamatan Klaten , Jawa Tengah . Sekitar 20 Km ke arah timur Yogyakarta atau 1,5 Km dari Candi Sewu .
Apa yang harus dilihat & diLakukan
Kompleks Plaosan menempati 2.000 meter persegi tanah dan terletak 148 meter di atas permukaan laut . Mengunjungi candi , Anda akan dapat menikmati pemandangan sawah di kuil sekitarnya . Plaosan terdiri dari dua candi utama dikelilingi oleh dinding batu . Setiap dinding batu dikelilingi oleh total 174 candi perwara . Hampir semua candi perwara berupa reruntuhan . Di bagian barat dari dinding sekitarnya adalah gerbang batu dengan hiasan mahkota di atasnya .
Candi utama diletakkan di atas platform 60 cm. Dihiasi dengan dekorasi yang indah diukir secara rinci . Tangga ke candi memiliki kepala naga ornamen pada pegangan nya . Dekorasi unik lainnya adalah kepala Kala ditempatkan di atas pintu masuk . Berbeda dengan hiasan Kala di Candi Barong , Kala di Plaosan tidak memiliki rahang bawah . Dinding luar dari dua candi dihiasi dengan relief berukuran hampir – manusia. Relief di dinding selatan digambarkan sosok laki-laki sedangkan bantuan di dinding utara menggambarkan sosok perempuan .
Memasuki candi , candi dibagi menjadi enam kamar . Di ruang tengah tiga patung Buddha duduk berdampingan di panggung . Di dinding kiri dan kanan adalah ceruk yang digunakan sebagai tempat untuk lentera . Relung yang diukir dengan relief Kuwera dan Hariti .
Desain yang sama dapat ditemukan di Plaosan Kidul yang merupakan tempat relief Boddhisatva atau populer sebagai Bunda semua Buddha . Sekitar candi adalah sawah .

Tiket Candi Plaosan dan informasi pengunjung
  • Untuk memasuki candi saat ini gratis . Namun, pengunjung diharapkan untuk memberikan beberapa sumbangan yang nantinya akan digunakan untuk pemeliharaan candi .
  • Selain dari tiket masuk gratis , pengunjung diwajibkan untuk membayar biaya parkir .

Rute ke Candi Plaosan
Dengan transportasi umum : Naik bus dari Janti bahwa rute ke Yogya – Solo. Berhenti di lampu lalu lintas pertama setelah Candi Prambanan atau sekitar Km 18/19 . Lanjutkan dengan mengambil ojek ( taksi motor ) untuk sampai ke kuil .
Dengan kendaraan pribadi : Mengemudi dari Yogyakarta , kepala timur untuk rute Candi Prambanan . Ambil belok kiri di lampu persimpangan lalu lintas pertama setelah Candi Prambanan (lihat kantor pos di sisi kiri ) . Sesampainya di persimpangan lain dengan lampu lalu lintas , berbelok ke kiri ( utara ) dan kepala ke Manisrenggo . Terus lurus sampai Anda menemukan candi di sisi kanan jalan .

0 komentar:

Post a Comment